Sunday 18 November 2012

STRATEGI PELAYANAN KREATIF DENGAN SISTEM ANALISIS C.I


STRATEGI PELAYANAN KREATIF DENGAN SISTEM ANALISIS C.I
(Penelitian Pada Perusahaan Air Minum Daerah Minahasa)



Natalia Muaya
09 312 799



BAB I
Pendahuluan

A.    Latar Belakang Masalah
            Pelayanan publik yang akhir-akhir ini menjadi issue sentral telah memaksa semua pihak, baik institusi negara maupun masyarakat untuk melakukan regulasi kembali dalam penyelenggaraannya. Meskipun penyediaan pelayanan publik merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh pemerintah sebagai penyelenggara negara. Akan tetapi kewajiban penyediaan pelayanan tersebut masih belum dapat memberikan kepuasan bagi masyarakat penggunanya. Tuntutan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan publik yang berkualitas, berprosedur jelas, dilaksanakan dengan segera dan dengan biaya yang pantas, telah terus mengedepan dari waktu ke waktu. Tuntutan ini berkembang seiring dengan berkembangnya kesadaran bahwa warga negara dalam kehidupan bernegara bangsa yang demokratik memiliki hak untuk dilayani.
            Adalah kewajiban pejabat-pejabat pemerintahan untuk memberikan pelayanan sesuai dengan tuntutan para warga itu. Namun, perubahan-perubahan yang terjadi sepanjang era reformasi ini ternyata belum sepenuhnya mengubah tatanan kehidupan masyarakat di bidang
pelayanan publik. Harapan masih sangat jauh bahwa warga masyarakat bisa memperoleh akses
yang lapang kearah pelayanan yang baik dan berkualitas. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Minahasa telah berupaya memberikan pelayanan terbaiknya untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih di Kabupaten Minahasa, namun dalam perjalanannya sering mendapat keluhan dari masyarakat atau pelanggannya. Keluhan masyarakat tentang semakin sulitnya untuk mendapatkan air bersih tampaknya masih menjadi kendala yang sepenuhnya belum dapat diatasi oleh pemerintah daerah dalam hal ini PDAM Kabupaten Minahasa. Di satu pihak permintaan masyarakat akan air bersih semakin meningkat, seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk dari tahun ke tahun, namun kualitas pelayanan yang diberikan belum sebanding dengan pemenuhan permintaan masyarakat tersebut.
            Keluhan-keluhan terhadap pelayanan PDAM Kabupaten Minahasa, baik dari pelanggan maupun calon pelanggannya yang menyebabkan pelanggan menjadi kurang puas, antara lain kontinuitas air yang belum memenuhi target atau standar pelayanan, lokasi atau tempat pembayaran hanya berada di tempat-tempat tertentu, serta kecepatan penanganan keluhan yang kurang efektif sehingga membutuhkan waktu lebih lama dari yang diharapkan oleh pelanggan. Penanganan keluhan memberikan peluang untuk mengubah seorang pelanggan tidak puas menjadi pelanggan yang puas. Proses penanganan keluhan yang efektif mulai identifikasi disertai dengan penentuan sumber yang menyebabkan pelanggan tidak puas dan mengeluh.
            Disisi lain, pihak PDAM Minahasa pun sering tidak puas dengan hak dalam menerima pembayaran rutin bulanan dari masyarakat, dimana masih banyak masyrakat Minahasa yang terlambat membayar kewajiban mereka.

B.     Identifikasi Masalah
            Berdasarkan uraian tersebut, identifikasi masalah pada pelayanan yang diberikan oleh PDAM Kabupaten Minahasa antara lain:
a.       Kinerja penyelenggaraan pelayanan yang diberikan oleh PDAM Kabupaten Minahasa kepada pelanggan, dirasa perlu ditingkatkan, hal ini dikarenakan adanya rasa ketidakpuasan pelanggan terhadap pelayanan yang telah diberikan.
b.      Adanya ketidaknyamanan pelayanan yang dirasakan oleh pelanggan.
c.       Masyarakat sering terlambat membayar kewajiban mereka ke PDAM Minahasa hal ini berhubungan dengan kewajaran pelayanan yang diberikan.
C.    Pembatasan masalah
            Penelitian ini hanya dibatasi pada masalah pelayanan PDAM Minahasa kepada masyrakat dan Kewajiban masyarakat pada ketepatan waktu pembayaran.
D.    Perumusan Masalah
            Masalah yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah
a.       Adakah pengaruh penggunaan analisis SWOT untuk mengatasi masalah pelayanan kepada masyarakat?
b.      Adakah pengaruh penggunaan analisis SWOT untuk mengatasi masalah ketepatan waktu pembayaran?
E.     Tujuan penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk
a.       Untuk mendapatkan gambaran tentang penyelesaian masalah pelayanan PDAM Minahasa kepada masyarakat.
b.      Untuk mendapatkan gambaran tentang penyelesaian masalah ketepatan waktu pembayaran.
F.     Manfaat Penelitian
            Merujuk pada tujuan penelitian di atas maka hasil penelitian dapat memberikan dua manfaat sebagai berikut.
1.      Manfaat teoritis
Untuk mendapatkan informasi tentang penyelesaian masalah yang terjadi di PDAM Minahasa.
2.      Manfaat praktis
Sebagai bahan masukan yang berarti bagi PDAM Minahasa untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

STRATEGI PELAYANAN KREATIF DENGAN SISTEM ANALISIS C.I Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment